Cara Membuat Logo 3D mengunakan Corel Draw

Diterbitkan oleh Pranadipa Yajata on Sabtu, 18 Agustus 2012



Kali ini, saya akan mengajarkan Anda  Bagaimana Cara Membuat Ikon 3D dengan CorelDraw dengan cara yang sangat mudah  Anda pahami. Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa membuat objek 3 dimensi itu sangatlah susah. Tetapi pada kenyataannya ...Very Easy Guys...
Saya akan mengajarkan  Anda Langkah demi Langkah Bagaimana Cara Membuat Ikon 3D dengan CorelDraw. Kali ini Saya menggunakan CorelDraw versi  terbaru yaitu CorelDraw X6. Tetapi jika Anda tidak mempunyai CorelDraw X6, jangan berkecil hati karena cara yang akan saya ajarkan pada Anda bisa dikerjakan di versi CorelDraw terdahulu, atau dibawah versi X6. Dan yang paling penting adalah CorelDraw yang Anda gunakan Genuine alias Original.

Langkah 1:
 Pertama-tama, buatlah dokumen baru dengan meng-klik (File > New Document) atau bisa juga dengan cara Anda menekan (Ctrl + N).
Isikan Name: (bebas), Width: 500 px, Height: 500 px, Units: pixels, Color mode: CMYK, Resolutions: 300 dpi. Lalu klik OK.
Pastikan bahwa Highlight outline for selected object pada CorelDraw Anda telah di checklist. Apabila belum, klik (Tools > Options) atau tekan Ctrl + J, lalu (Workspace > display).
Langkah 2:
Buatlah sebuah lingkaran menggunakan Ellipse tool atau tekan F7. Caranya, tekan Ctrl + klik tahan lalu geser hingga membentuk sebuah lingkaran. Beri warna Hitam pada objek, lalu tekan huruf P pada keyboard agar posisi objek berada di tengah-tengah halaman. Dan jangan lupa outline dalam posisi No Outline.
Buatlah lingkaran yang lebih kecil dari lingkaran sebelumnya dan beri warna hijau.
Langkah 3:
Buatlah sebuah lubang di tengah lingkaran dengan cara, seleksi kedua lingkaran lalu klik (Arrange > Shaping > Trim). Lalu objek lingkaran yang berwarna hitam kita beri efek gradient dengan cara, klik Fountain Fill atau tekan F11.
Ganti type menjadi radial, lalu color blend ganti menjadi custom dan atur warna menjadi seperti gambar berikut ini, klik OK dan tekan Huruf G untuk mengaktifkan Interactive Fill Tool. Caranya dengan drag kursor, sampai anda mendapatkan warna yang anda diinginkan.
Lakukan hal yang serupa seperti cara di atas pada lingkaran warna hijau. Tetapi kali ini menggunakan dua warna.
Langkah 4:
Dalam langkah ini, Saya akan mengajarkan Anda bagaimana cara menggunakan 3D tool. Pertama-tama klik objek pertama (lingkaran berwarna orange), lalu klik Extrude tool di tool box, atur kedalamannya. Lalu klik (Arrange > Break Curve Apart) atau tekan Ctrl + K.
Klik objek ketiga atur Fountain Fill-nya dengan menggunakan Interactive tool atau tekan huruf G, dan hasilnya seperti berikut ini.
Langkah 5:
Buatlah 2 buah lingkaran, lalu klik Back Minus Front. Beri warna objek tersebut dengan warna putih tanpa outline. Gunakan Transparency tools, lalu drag seperti gambar di bawah ini.
Langkah 6:
Sekarang Saya akan merubah warna pada objek kedua, agar lebih kontras. Caranya hampir sama dengan langkah 3, menggunakan Fountain Fill dan Interactive Fill seperti gambar berikut ini.
Langkah 7:
Sekarang kita akan membuat efek shadow dengan interactive drop shadow tool. Langkahnya, klik objek ketiga lalu drag secara diagonal seperti gambar berikut ini.
Langkah 8:
Akhirnya kita sampai pada langkah terakhir. Kita sekarang akan memberikan efek shadow pada ikon tersebut.
Pertama-tama buatlah lingkaran sembarang, lalu gunakan Drop Shadow Tool. Caranya drag dari atas ke bawah. Pisahkan lingkaran dan shadow dengan cara menekan Ctrl + K. Gabungkan kedua objek tersebut, dan Selesailah 3D ikon yang telah kita buat.
Kalau belum mengerti bisa liat videonya





{ 1 komentar... read them below or add one }

Rudy Hartono mengatakan...

makasih tutorialnya

Poskan Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...